Perbedaan Pemasaran sosial dan Pemasaran Komersial (pemasaran sosial)

Perbedaan Pemasaran sosial dan Pemasaran Komersial (pemasaran sosial) - Hi, friend Panduan Kilat, in this article entitled Perbedaan Pemasaran sosial dan Pemasaran Komersial (pemasaran sosial), we have prepared this article well and concise to be easy to understand for you to read and can be taken inside information. hopefully the contents of the post that we write this you can understand and useful. okay, happy reading.


No
Item
Pemasaran Sosial
Pemasaran Komersial
1
Sasaran
Perubahan Perilaku fundamental
Mengajak, membujuk melakukan sesuatu


Contoh: apabila kita melakukan penyuluhan seputar Asi Eksklusif dan masyarakat dengan sendirinya akan melakukan pemberian asi eksklusif kepada anaknya.


Contoh: perusahaan susu formula memberikan susu formula secara gratis untuk tester dan berharap masyarakat bisa menggunakan produk mereka. Masyarakat untung karena mendapaatkan susu formula sebagai tester dan perusahaan swasta mendapatkan uang dari hasil penjualan produk ke masyarakat

2
Pangsa Pasar
Untuk semua orang
Untuk kalangan tertentu
Contoh : semua orang wajib tahu seputar kebaikan asi eksklusif
Contoh: susu formula hanya untuk bayi dan kalangan orang menengah ke atas

3
Diferensiasi Produk
Susah untuk melakukan disferensiasi produk
Mudah dilakukan
Contoh: tidak bisanya di bedakan  antara anak yang menggunakan asi eksklusif dan bukan asi eksklusif karena tidak adanya perbedaan secara fisik antar anak yang mengkonsumsi asi eksklusif dan menggunakan susu formula
Contoh: mudah di bedakan antara merek yang paling disukai masyarakat dan yang tak disukai masyarakat




4
Utility produk
Sukar dirasakan/lama
Cepat dirasakan
Contoh: susah  nya mengubah perilaku masyarakat yang tidak menggunakan asi eksklusif karena masyarakat lebih menyukai produk yang instant.
Contoh: dapat dirasakan dampaknya secara langsung karena masyarakat hanya memberikan air hangat dan 3 sendok susu formula, dan susu formula siap untuk di sajikan selain anak dapat menikmati susu orang tua pun dapat melanjutkan aktifitas-aktifitas lainnya.

5
Biaya
Murah
Mahal
Contoh:  hanya sekedar penyuluhan dan bermodalkan bicara dan ilmu seputar asi eksklusif yang harus di kuasai
Contoh: harus menggunakan tester, SPG, Stan untuk jualan, dan peralatan yang akan digunakan nantinya

6
Pesan
Masyarakat  lebih percaya karena tanpa orientasi profit
Masyarakat kurang percaya
Contoh: masyarakat dapat percaya bahwa asi eksklusif memang baik untuk tubuh bayi dan balita
Contoh: susu formula tidak menggunakan pemanis buatan


7
Marketing mix
Dalam bentuk Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku
Barang dan Jasa
Contoh: setelah kita melakukan penyuluhan seputar asi eksklusif pengetahuan masyarakat akan meningkat seputar asi eksklusif, sikap masyarakat
Contoh: tersedianya rasa susu formula dengan berbagai macam rasa seperti madu, vanila, dll





8
Harga
Dalam bentuk pengorbanan bukan uang, murah

Dalam bentuk nilai uang (memberikan profit kepada masyarakat)
Contoh: sebagai tenaga kesehatan kita hanya melakukan pengorbanan biaya dan waktu kepada masyarakat agar derajat kesehatan masyarakat dapat meningkat tanpa adanya keuntungan yang dijanjikan kepada masyarakat
Contoh:  segala bentuk kegiatan pemasaran yang dilakukan baik itu pemberian tester secara gratis dan berharap apabila masyarakat menyukai rasa dan tertarik akan semua profit yang di janjikan maka masyarakat akan membeli produk yang di tawarkan oleh perusahaan swasta
9
Promosi
Persuasi untuk mengadopsi ide
Persuasi untuk membeli
Contoh: setelah kita melakukan penyuluhan seputar asi eksklusif maka diharapkan masyarakat dapat mengaplikasikan ide yang telah disampaikan yaitu memberikan bayinya asi eksklusif minimal 6 bulan.
Contoh: masyarakat ingin membeli barang yang tellah ditawarkan



10
Tempat
Tempat tertentu
Dimana saja
Contoh: masjid, posyandu, dan tempat-tempat yang di anggap pantas untuk dilakukan penyuluhan
Contoh: angkutan umum, tempat acara-acara besar maupun kecil, media elektronik dan media cetak, dan tempat-tempat yang lainnya
11
Aspek analisis pasar
Melalui survey yang benar
Susah mencari data sekunder
contoh: melakukan survey secara langsung ke masyarakat seputar kebiasaan masyarakat memberikan asi eksklusif kepada anaknya
Contoh: para marketing kesulitan mengetahui berapa banyak yang di konsumsi perhari, minggu, bulan, sampai pertahun nya

12
Penggalian dana
Susah
Mudah
Contoh: tenaga penyuluh diberikan dana yang telah di perhitungkan maka lebih atau kurang nya dana untuk penyuluhan ditanggung sendiri oleh tenaga penyuluh
Contoh: dana yang di keluarkan oleh pemilik perusahaan untuk promosi ditentukan oleh atasan.
13
Segmentasi
Susah ( orang yang dituju justru melakukan)
Mudah, menciptakan perilaku baru lebih mudah
Contoh: tenaga penyuluh yang memberikan penyuluhan seputar asi eksklusif tidak memberikan asi eksklusif kepada bayinya.
Contoh: masyarakat yang menginginkan perilaku hidup yang instant cenderung menggunakan susu formula karena dengan memberikan susu formula kepada bayinya para orang tua pun dapat melakukan aktifitas yang lain
14
Determinasi perilaku
Susah dicerna
Dapat dengan mudah dilihat
Contoh: memerlukan proses untuk masyarakat merubah kebiasaan dari memberikan susu formula untuk memberikan asi eksklusif
Contoh: hanya dengan melihat iklan di media elektronik betapa gampang dan mudahnya memberikan asi eksklusig kepada bayi.


Thank You and Good article Perbedaan Pemasaran sosial dan Pemasaran Komersial (pemasaran sosial) this time, hopefully can benefit for you all. see you in other article postings.

You are now reading the articlePerbedaan Pemasaran sosial dan Pemasaran Komersial (pemasaran sosial) with the link address http://jubel-uangku.blogspot.com/2013/04/perbedaan-pemasaran-sosial-dan.html
Previous
Next Post »